February 25, 2011

Pertama, Bandung

Kata temen gue, mendingan blog ini dijadiin blog culinary aja. Jangan, gue terlalu suka ngoceh sampe gak rela cuman ngoceh tentang satu hal aja. Tapi bolehlah sekali-sekali cerita soal makanan dan tempatnya. Atau tempat enak buat makan dan makanannya. Atau apapun deh yang ada hubungannya sama makanan.

Pertama, Bandung. Kota yang udah gue datengin puluhan kali dan gak pernah puas. Buat gue, bandung itu surganya dosa kalori. Kalo tinggal disana mungkin badan gue bakal melar dua kali lipet kali yaa. Dari pengalaman puluhan kali itu, beberapa tempat makanan yang ‘layak’ untuk didatangi versi gue antara lain:

1. Warung Kopi Purnama (breakfast)
Lokasinya di jalan Alkateri. Menu makanan andalannya (kayaknya sih) roti bakar pake selai srikaya homemade dan kopi (original maupun pake susu). Sebenernya makanan yang dijual disini macem-macem, tentunya berkisar antara makanan buat sarapan. Selain roti srikaya, masih banyak kategori roti bakar lainnya yang layak buat dicoba, misalnya roti bakar asin macam ham dan telur atau roti bakar manis macam coklat keju. Didepan tokonya mangkallah tukang jajanan kue tradisional dan tukang mie kocok. Tempatnya kecil, sederhana, dan selalu penuh (jadi jangan kaget kalo gak kebagian tempat duduk). Harganya super murah, paling makan dan minum habis sekitar 15-10 ribu rupiah.

2. Café Bali (lunch or dinner)
Lokasinya di jalan Riau. Salah satu tempat oke lainnya yang ada di Bandung, lucunya dia banyak jual makanan khas bali kayak nasi campur dan bebek betutu. Kalau kesini, bisa milih mau makan di tempat prasmanan (semacam Bumbu Desa yang ambil sayur terus bayar dan makan) atau mau makan a la carte (pesen menu). Yang enak itu suasana duduk ditempatnya. Asli nyaman banget karena tamannya dibikin ke-Bali-Bali-an. Harga makanannya sedeng, sekitar 50 ribu-75 ribu lah makan dan minum.

3. Pak Ci’met (lunch or dinner)
Actually gue lupa cara nulisnya. Lokasinya di jalan Sukajadi, pas di seberang factory outlet Rainbow (yang jual yamin yang akan gue bahas di nomor selanjutnya). Sebenernya ini restoran sunda biasa, cuman lo harus liat penyajian nasinya (yg dibikin jd bentuk pyramid tinggi), harus makan tumis seladanya, ama harus makan tumis pucuk pakisnya. Tumis sayurnya dia luar biasa seger. Tapi biasa kalo udah sore tuh udah abis sayurannya, grrr. Harganya normal, sekeluarga abis 150 ribu-200 ribu tergantung pesenan.

4. Yamin Rainbow (breakfast or lunch)
Ada yang manis dan asin. Mie nya enak deh, kecil-kecil alus gitu. Makannya ditemenin ama jus strawberry. Langsung puas perut lo deh. Harganya bersahabat, ama jus paling abis 20 ribu.

5. Nasi Kalong (dinner)
Ini salah satu tempat makan aneh lainnya. Nemunya gak sengaja banget. Jadi waktu itu nginep di Horizon, terus keluar malem-malem cari makan pas ujan. Males dong jauh-jauh. Jadinya keluar hotel, muter balik, pas di kiri jalan rada depanan itu ada semacam tempat makan (yang kayaknya cuman buka malem aja, namanya aja kalong). Dia sistemnya kayak sayur banyak gitu bisa dipilih, nanti bayarnya diitung gitu. Nah dia sedia nasi merah. Terus gue ketagihan banget ama gulai ayamnya. Ade gue ketagihan ama roladenya. Murah dan enak deh. Paling seorang abis 15 ribu-an.

6. Batagor Kingsley (breakfast or lunch)
Yang sampe sekarang gue gak tau posisinya dimana. Nyasar melulu tiap mau nyari. Ini batagornya emang enak asoy. Tapi muahalnya ampun deh. Kayaknya sebiji 6000 apa udah naik lagi gue gak tau deh. Dan ramenya ampun.

7. The Valley (dinner)
Tempat makan romantis diatas Dago. Kalau bookingnya udah sampe 30%, lo gak akan bisa booking tempat lagi, langsung dateng aja. Tapi kalo lagi rada peak season, dia bakal full banget pas malem. Sejujurnya tempat makan ini rada mahal, tapi porsinya juga lumayan gede. Yang jelas suasananya nice, romantis deh kalo yang mau pacaran atau nongkrong. Kalau duduk didalem lo cuman akan dapet suasana life music ama interior ruangan yang manis. Kalo duduk di depan, lo akan dapet pemandangan Dago dimalam hari. The choice is yours, dua-duanya oke. Harga per orangnya sekitar 100000-150000 deh. Oh, ya, kalau mau kesini, pastiin kemampuan nyetir lo lumayan, karena tempat parkirnya super nanjak.


8. Fashion Pasta (dinner)
Ini tempat makan yang lagi nge-trend di Bandung. Ramenya super, dan gak bisa booking kalo gak salah. Sekali-kalinya gue bisa kesana itu karena temen makan gue kenal ama yang punya, si bule Italia atau spanyol yang jago masak dan memutuskan buat buka restoran pasta di Indonesia. Pastanya sih enak, recommended, dan tempatnya juga enak. Dia sedia wine segala. Harga makanannya gak jauh beda lah ama The Valley. Tapi parkirnya cuma di pinggir jalan gitu, jadi kalo lo kemaleman datengnya ya nasib jalan deh dan nasib nunggu giliran.

9. Toko Kue Bawean (Sweetheart)
Kalau Kartika Sari sih udah pada tau lah yaa, jadi gue bahas lainnya aja. Toko kue ini udah lama banget, adanya pusatnya di Jalan Riau, tapi cabangnya ada beberapa tempat kayaknya. Browniesnya enak loh, dan bagelannya juga enak. Ditambah sekarang dia jual es krim yang luar biasa enak kalo dimakan siang-siang panas-panas. Kalo gak salah dia buka cabang di Jakarta, yang cuman toko kecil aja, namanya muchies di FX.


10. Toko Kue Prima Rasa
Tadinya pusatnya ada jauh gitu buat turis macam gue yang buta jalan di Bandung, dideket jalan kereta api yang gue gak tau nama jalannya. Sekarang dia buka didekat paskal, alias pasir kaliki (dan kayaknya masih ada cabang-cabang lainnya). Gue doyan banget ama picnic roll nya, sama sekarang dia jual pisang molen yang gak terlalu berminyak (menurut gue).

Jadi kalo lo doyan makan, jalan-jalan aja ke Bandung. Rata-rata makanan disana enak-enak. Dijamin ketagihan deh!

1 comments:

amadea said...

ahh vanyaa.. gw jadi pengen ke bandungggg

Post a Comment