May 19, 2011

Cheer up and have fun, will ya?

Lo pernah ngerasa bahwa, entah kenapa, hidup lo hari ini itu lancar banget? Atau bahkan kusut banget? Maksud gue, gak harus exactly hari ini. Bisa aja hari kemarin, atau dua hari yang lalu, atau minggu lalu, atau kapanpun. Dan juga bisa ternjadi beberapa kali. Gue yakin kita semua pernah ngerasain hari yang semacam itu, kalau lo ngerasa gak pernah, coba inget-inget lagi.

Contoh mudahnya adalah perjalanan lo di jalan raya. Misalnya dari dari rumah menuju kantor atau sekolah dan vice versa, perjalanan ke luar kota, perjalanan kemanapun. Gue pernah, malahan cenderung sering. Hal yang biasa lo lakuin secara rutin secara gak sengaja akan membentuk semacam pola di pikiran lo, sehingga begitu ada kejadian aneh dikit aja, lo langsung ngeh. Atau mungkin lo gak begitu?

Buat ilustrasi aja, perjalanan dari rumah gue menuju kantor gue setiap hari itu, walaupun dekat, tapi nyatanya banyak banget cobaannya. Hmm, mungkin gak terlalu banyak, mungkin sejumlah seribu lima ratus mobil atau lebih. Perjalanan yang harusnya cukup untuk dua puluh menit saja itu rata-ratanya menghabiskan waktu satu jam. Apalagi kalau hari rabu sore, dan siangnya hujan. Astajim urut dada deh. Pokoknya keluar kantor itu matahari masih tersenyum malu-malu, sampai rumah mataharinya udah tidur pules. Capek kali dia ngeliatin arus lalu lintas tiap hari. Rasanya ada hari dimana semua orang di jalan, dari mobil, motor, polisi, pak ogah, angkot, bus, truk, semuanya lagi emosi jiwa. Sepanjang jalan penuh sama makian, klakson pendek maupun panjang, dim sih udh gak mempan saking seringnya muncul. Pada bad hair day semua kali ya sampe segitu emosi jiwanya. Di ujung sini ada motor nyenggol motor dan dua-duanya lagi turun berantem. Maju seratus emter lagi ada truk super gede yang mogok di tengah jalan. Maju seratus meter, ehhh ada bekas motor nyenggol mobil dan semua penumpangnya juga lagi berkacak pinggang sambil dikelilingin sama pengendara lain yang ‘sok solider’ padahal mau cari ribut doang. Belon lagi bus umum yang gede dan gak mau ngalah. Sinting deh arusnya pas saat begini.

Tapi juga ada kebalikannya dimana arus itu rasanya lancar plong. Dan lancarnya bukan yang jalanan kosong melompong gitu. Jalanan tetep rame, tapi lancar. Rasanya di hari semacam itu gak ada motor yang mengerumuni layaknya nyamuk disekeliling mobil, gak ada klakson yang nyala, gak ada dim dari mobil lain. Mau belok di tempat macet tau-tau pas sampe belokan, settt, jadi lancar. Liat macet dikit pas nyampe ehhh tau-tau depan kosong plong. Cinta banget deh gue sama jalanan yang kayak gitu.

Kalo diliat-liat, kondisi jalanan itu layaknya hidup aja kali ya. Ada saatnya lo ngelewatin ordinary life. Ada saatnya lo ngelewatin hari paling nyebelin sedunia. Ada juga saatnya entah kenapa lo bahagia banget sepanjang hari. Itulah hidup, mau hari baik, mau hari buruk, mau hari biasa aja, begitu satu hari selesai lo akan ketemu hari yang lain. Terus berulang begitu sampai kita diminta pindah ke alam lain kelak. Waktu gak akan berhenti tanpa peduli kejadian apapun yang kita alami disini. Makanya akan sangat rugi kalau lo terus me-re-live hari membahagiakan yang lalu atau terus terkurung dalam hari buruk yang juga telah lalu. Lo bakal kehilangan hari yang ada sekarang. Gue gak bilang kenangan itu gak berguna, selama kita inget bahwa waktu itu terus berjalan di hari ini. Lagi-lagi sama kayak di jalan, lo bakal lupa kesemerawutan dan kelancaran di jalan begitu lo beraktivitas di tempat tujuan. Sama kayak hidup juga sebenernya menurut gue, gampang buat lupa sama suatu kejadian yang gak lo ulang terus dikepala lo. Kalo menurut lo gak begitu, try harder. Seperti kata pepatah bodoh, pekerjaan sesusah apapun akan terasa ringan kalau tidak dikerjakan. Gimana caranya lo mau lupa sama suatu kejadian kalau setiap hari kejadian itu lo puter terus dikepala lo. Yah mau diinget sih sah-sah aja, asal inget juga buat pay attention fairly for this day.

Dan gue yakin seyakin-yakinnya, bahwa setiap pagi ketika bangun, lo gak akan tau hari macam apa yang bakal lo lewatin. So, prepare for the worst and embrace for the best. You wouldn’t know what will wait for you in the corner, right?

2 comments:

Anonymous said...

Love your quotes " So, prepare for the worst and embrace for the best. You wouldnt know what will wait for you in the corner, right?"

mau gw masukin twitter ah hahaha.

neway, iya nya, bener, hidup itu cuma kombinasi dari problem dan blessing, cuma kombinasinya aja yang beda-beda. kadang bisa hepi terus sampe rasanya unbeliavable, too good to be true, tapi kadang2 bisa sangat buruk sampe unbeliavable juga ko bisa ada hari seburuk itu. hahaha.

eh, nice theme! love ur new theme :D

Vanya Alessandra said...

theme kan dari blog yang lo kasi itu hihihi :)

Post a Comment